Senin, 13 Mei 2013

Polri Butuh TNI Memberantas Teroris



Teroris menjadi ancaman yang sangat serius bagi umat manusia . Teror, bom, pembunuhan terhadap aparat keamanan menjadi bukti kuat bahwa teroris itu benar-benar berbahaya dan sangat meresahkan dalam kehidupan masyarakat.
Mencermati sepak terjang teroris di tanah air sekarang ini sudah cenderung kepada aksi balas dendam terutama terhadap aparat keamanan yang menjadi penghalang utama aksinya.
Apapun alasannya, jika tidak dicegah, teroris akan terus beraksi. Polri membutuhkan peran TNI dalam memberantas aksi teroris yang masih saja hidup di tengah-tengah masyarakat. Sudah sepantasnya, TNI dihadirkan membantu Kepolisian dalam memberantas aksi teroris.
TNI dan Polri memang mempunyai peran berbeda. Peran TNI lebih pada pengamanan negara, sedangkan Polri pada masalah ketertiban. Ketika terorisme menjadi salah satu ancaman negara yang bisa merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka dibutuhkan peran TNI melalui intrumennya. Perlunya pelibatan TNI sepertinya sudah merupakan kebutuhan, dan TNI mesti siap untuk membantu menjaga negara. Sedangkan Polri harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Meski dari sudut pandang masyarakat umum, peran TNI dalam penanganan terorisme dinilai belum sepenuhnya tampak, namun sebenarnya TNI sudah terjun dan turut serta dalam masalah tersebut. Yang paling penting diciptakan adalah bagaimana TNI dan Polri bekerja sama dan saling koordinasi. TNI punya tugas khusus dalam intelijen negara. Tugas khusus lainnya yaitu bagaimana meredam radikalisasi melalui organ-organ yang ada di TNI itu sendiri.
            Teroris itu merupakan musuh utama negara dan harus diberantas. Partisipasi masyarakat dalam membantu aparat TNI/Polri dalam memberantas teroris harus kita kedepankan dalam menjaga dan menciptakan rasa aman di kehidupan masyarakat.
            Kedepan hendaknya kita juga harus mampu meningkatkan soliditas dan solidaritas antara sesama anak bangsa. Mampu menyikapi perbedaan dengan arif serta menumbuhkan naluri dalam mendeteksi ancaman keselamatan dan hal-hal yang bisa merusak bangsa Indonesia merupakan sikap terpuji dalam menolak dan menentang segala bentuk kekerasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar